RSS

AMD Prosesor Athlon II X4 3GHz



Advanced Micro Devices dikabarkan tengah menyiapkan kehadiran dua prosesor quad core ekonomis. Prosesor tersebut, menggunakan basis core Propus, tidak memiliki L3 cache di dalamnya.

Prosesor yang secara pabrikan memang didesain tidak memiliki L3 cache tersebut menggunakan daya maksimum 95 watt saat bekerja. Dan untuk pertamakalinya, saat diluncurkan pada kuartal kedua tahun 2010 ini, prosesor tersebut mampu berjalan pada kecepatan 3GHz.

Seperti VIVAnews kutip dari Fudzilla, 18 Februari 2010, Athlon II X4 635 yang saat ini beredar merupakan prosesor berbasis core Propus tercepat yang tersedia. Kecepatannya adalah 2,9GHz. Adapun prosesor yang akan menggantikannya di Q2 2010 tersebut adalah Athlon II X4 640.

Dari sisi spesifikasi, keduanya memiliki fitur sama. Total L2 cache sebesar 2MB, tak ada L3 cache, dukungan DDR3 1333, dan soket AM3.

Selain itu, sekitar satu kuartal berikutnya, yakni di pertengahan kuartal ketiga 2010, AMD juga punya rencana menghadirkan seri lain. Masih dengan core Propus dan memiliki empat inti, prosesor tersebut akan hadir dengan nama Athlon II X4 645. Kecepatannya mencapai 3,1GHz. Dan sesuai rencana AMD di tahun 2010 ini, prosesor tersebut akan menjadi Athlon II X4 tercepat yang akan dihadirkan.

Seperti diketahui, AMD saat ini masih berkutat di teknologi manufaktur 45 nanometer. Padahal, pesaingnya, Intel, sudah mulai menjual prosesor dual core 32 nanometer setahun penuh sebelum AMD mulai menjual produk 32 nanometer mereka.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar